Membuat jurnal aktivitas menjadi alternatif yang dapat dilakukan oleh siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran secara utuh. Berbekal jurnal aktivitas yang dibuat pada setiap pertemuan pembelajaran, siswa secara mandiri atau dengan dilakukan bimbingan oleh guru dapat mengevaluasi sejauh mana pemahaman yang telah didapat setelah melalui berbagai kegiatan belajar. Lebih jauh jurnal aktivitas juga memungkinkan siswa untuk merencanakan kegiatan yang menunjang pemahamannya sehingga bisa mengasah keterampilan berpikir kritis serta mencapai Mindful Learning yang ideal.
Agar jurnal aktivitas dapat berjalan dengan efektif, beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, guru harus memberikan petunjuk yang jelas mengenai tujuan jurnal aktivitas dan cara penyelesaiannya. Hal ini penting agar siswa dapat mengetahui apa yang diharapkan dari jurnal aktivitas yang dibuat. Kedua, guru harus menyediakan contoh jurnal aktivitas yang baik sebagai acuan bagi siswa. Contoh jurnal aktivitas yang baik dapat menjadi panduan bagi siswa dalam membuat jurnal aktivitas mereka sendiri.
Selain itu, jurnal aktivitas juga harus dikembangkan dengan menambahkan hal yang sudah dipahami dan yang belum dipahami. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat kolom khusus, membuat kategori, menambahkan pertanyaan reflektif, mengintegrasikan dengan tugas-tugas lain, dan memberikan umpan balik. Dengan demikian, jurnal aktivitas dapat menjadi sarana yang efektif untuk mendukung proses belajar siswa dan membantu siswa untuk mengingat pembelajaran yang dilakukan di kelas.