SEKILAS INFO
19-04-2024
  • 7 bulan yang lalu / Visi SMP Negeri 3 Maos : “Terwujudnya Lulusan yang Beriman, Berakhlak Mulia, Berprestasi, Memiliki Kompetensi Literasi dan Numerasi, Berkarakter Pelajar Pancasila, dan Berwawasan Lingkungan”
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Datang di Website Official  SMP Negeri 3 Maos
2
Mar 2023
0
Outdoor Activity Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi

Pada umumnya para guru masih enggan mengajak para siswa belajar di luar kelas karena berbagai alasan. Mereka hanya mengajak para siswa belajar di luar kelas terkait pelajaran olahraga. Selebihnya, semua pelajaran disajikan dengan cara konvensional (di dalam kelas). Padahal, hampir semua pelajaran pokok di sekolah dapat diajarkan di luar kelas dengan menggunakan metode Outdoor Study yang sangat menyenangkan. Bahkan, hasil pembelajaran di luar kelas jauh lebih besar daripada hasil yang diperoleh dari pembelajaran di dalam kelas.

Outdoor Study atau pembelajaran di luar kelas ialah menjelaskan secara terperinci mengenai kelebihan-kelebihannya. Adapun kelebihankelebihan tersebut, yaitu [1] memotivasi belajar siswa, [2] guru bisa lebih mudah menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, [3] mengasah aktivitas fisik dan kreativitas siswa, [4] penggunaan media pembelajaran alam, [5] membuat siswa menguasai berbagai jenis keterampilan dasar, sikap, dan apresiasi, [6] mendorong siswa menguasai keterampilan sosial, [7] mendorong siswa menguasai keterampilan studi dan membuat mereka menekuni budaya kerja keras tidak menjadi pemalas, [8] mendorong siswa menguasai keterampilan bekerja kelompok, [9] mendorong para siswa mengembangkan sikap kemandirian, [10] lahirnya hasil belajar yang bersifat permanen di otak, [11] tidak memerlukan peralatan banyak, [12] memiliki kelebihan dari sisi keterampilan intelektual, [13] mendekatkan hubungan emosional antara guru dan siswa, [14] mengarahkan sikap ke arah lingkungan yang lebih baik, [15] memiliki manfaat atau nilai lebih yang disebut meaningful learning.

Metode outdoor study tidak dilakukan di dalam kelas, tetapi dilakukan di luar kelas atau alam terbuka, sebagai kegiatan pembelajaran siswa. Kegiatan belajar di luar kelas akan lebih menarik dan tidak membosankan, sehingga memotivasi belajar siswa lebih tinggi, siswa juga dapat memahami aspek-aspek kehidupan yang ada di lingkungan, sehingga dapat membentuk pribadi tidak asing dengan kehidupan sekitar serta dapat mengarahkan sikap menghargai alam dan kelestariannya.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Agenda

Pengumuman

Pengumuman PPDB SMP Negeri 3 Maos Tahun Pelajaran 2023/2024

Jurnal PPDB 2023

Data Sekolah

SMP Negeri 3 Maos

NPSN : 20300550

Jl. Stasiun No. 566 Maos
KEC. Maos
KAB. Cilacap
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 53273