
Wordwall merupakan media aplikasi berbasis website yang menyediakan berbagai macam penilaian seperti teka-teki silang, roda berputar, memilih kata, menjodohkan pasangan, tebak gambar, anagram, dan sebagainya. Media Wordwall sangat mendukung pembelajaran yang ada saat ini dan terlebih lagi Wordwall telah membantu pembelajaran selama masa pandemi, sehingga mudah dilaksanakan dan lebih menarik. Wordwall dalam pembelajaran Mapel Ilmu Pengetahuan Sosial cocok untuk digunakan karena menyediakan kuis yang interaktif serta menyajikan gambar-gambar yang menarik dengan penggunaan yang mudah dipahami. Penilaian menggunakan Wordwall pada Mata Pelajaran IPS pernah dilaksanakan di kelas VII A secara PTM dan VII B secara daring Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dilakukan pada hari yang berbeda.
Manfaat penggunaan Wordwall bagi siswa yakni menjadikan penilaian bukan sebagai beban namun siswa merasa lebih menyenangkan. Bagi siswa pelaksanaan penilaian menggunakan Wordwall secara luring dan daring adalah pemanfaatan IT dalam untuk kegiatan pembelajaran. Bagi guru tentunya adanya media Wordwall merupakan pemanfaatan perkembangan teknologi dan informasi dalam pembelajaran. Saat ini, guru tidak hanya dituntut untuk melaksanakan pembelajaran saja. Guru harus mampu memiliki inovasi dalam pembelajaran yang sesuai dengan tugas pokok guru.
Kelebihan penilaian Wordwall dapat memberikan pembelajaran yang lebih bermakna dan mudah diikuti oleh siswa. Penilaian menggunakan Wordwall dapat diterapkan di software Wordwall, sehingga siswa dapat mengakses sendiri melalui perangkat ponsel pintar mereka sendiri di rumah. Kekurangan penilaian Wordwall, dalam penggunaannya rentan terjadi kecurangan.
Penilaian menggunakan Wordwall didasari bahwa penilaian selalu diibaratkan suatu hal yang membebani siswa. Penilaian menggunakan Wordwall dilaksanakan supaya siswa merasa lebih antusias dan merasa lebih menyenangkan. Perubahan perilaku yang terjadi pada penggunaan media Wordwall yakni siswa lebih antusias dan lebih rajin dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh / asynchronus. Terdapat keterbukaan informasi ketika siswa selesai mengerjakan akan ditampilkan “leaderboard” yakni langsung muncul nilai tertinggi sampai dengan dibawahnya.
Pelaksanaan penilaian materi Kehidupan Masyarakat pada Masa Islam yang pernah dilaksanakan di kelas VII-A dan VII-B Tahun Pelajaran 2021/2022 dilaksanakan pada saat tatap muka dan pada saat daring. Pelaksanaan di Kelas VII A dimulai dengan persiapan siswa membawa HP untuk melaksanakan penilaian. Kemudian siswa secara bersama-sama mengerjakan individu soal yang telah dibagikan oleh guru di grup kelas masing-masing.
Hasil evaluasi yang dilaksanakan pada kelas 7A dan 7B Tahun Pelajaran 2021/2022 menggunakan angket google form menyajikan data bahwa sebanyak 62,3% menyatakan kegiatan penilaian menggunakan media Wordwall sangat menyenangkan. Siswa akan tertantang untuk menyelesaikan tugas dan penilaian. Mereka meresa tertantang dalam menyelesaikan misi ini. Misi yang ada dalam permainan Wordwall juga sangat menarik sesuai dengan masa generasi Z yang akrab dengan gawai.
Saat mengerjakan kuis, siswa sangat antusias karena mereka secara tidak langsung bermain game. Game yang ada didalam Wordwall tersebut sangat seru. Mereka dapat mengekplore daya kreatif dan ketertarikan mereka. Hal ini membuktikan bahwa siswa sanagt tertarik dan antusias dalam mengikuti kegiatan ini.
Setelah memanfaatkan aplikasi ini dalam pembelajaran, maka motivasi peserta didik di SMPN 3 Maos meningkat dan terdongkrak. Siswa lebih tertarik pada pembelajaran ini. Pembelajaran menggunakan media ini tidak membosankan, sehingga mampu untuk meningkatkan prestasi siswa dalam mata pelajaran IPS.