SEKILAS INFO
23-01-2021
  • 1 bulan yang lalu / LIBUR semester gasal tahun ajaran 2020/2021 mulai tanggal 21 Desember 2020 s/d 4 Januari 2020
  • 3 bulan yang lalu / Dalam rangka mematuhi anjuran Pemerintah dalam mencegah Perkembangan Pandemik Covid 19 Maka Kegiatan Belajar di Lingkungan SMPN 3 Maos dilaksanakan Secara Daring. Terima Kasih
  • 2 tahun yang lalu / Selama Pandemi Covid 19, Kegiatan Belajar Mengajar di SMPN 3 Maos dilaksanakan Secara Daring Melalui E-Learning Sekolah.
Sejarah Sekolah

Sejarah Singkat – SMP Negeri 3 Maos yang berada pada posisi 7,610 LS dan 109,150 BT kini memiliki tanah milik seluas 2.094 m2 dan tanah sewa dari PT KAI seluas 451 m2. Dengan beralamat di Jalan Stasiun No. 566 Maos Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap, sekolah ini sebelumnya menghadap ke utara (Jalan Stasiun Maos) karena saat itu jalan yang ada baru Jalan Stasiun dan Jalan Raya Maos belum ada. Sekarang dibuat pintu gerbang yang menghadap ke jalan raya Maos, hal ini disebabkan kesempatan untuk mengembangkan diri cenderung lebih mudah jika sekolah menghadap ke selatan/jalan raya Maos.

Berikut dipaparkan sejarah perkembangan SMP Negeri 3 Maos dari pertama berdiri sampai sekarang (tahun 2012).

A. Periode Pra-SMP Negeri 3 Maos

Berdiri di atas tanah milik pemerintah, lokasi SMP Negeri 3 Maos sekarang, awal mulanya adalah sebuah klinik pemerintah yang berfungsi melayani masyarakat di bidang kesehatan untuk wilayah Maos dan sekitarnya. Kepala Klinik ini mengelola klinik di wilayah Maos, Kesugihan dan Adipala.

Pelayanan klinik ini ternyata berjalan sejak jaman pemerintahan penjajah Belanda yang setelah Indonesia Merdeka masih difungsikan sebagai tempat pelayanan kesehatan masyarakat sampai terjadi peristiwa pembakaran tahun 1947. Saat kejadian tersebut klinik ini dibakar masa sampai ludes tidak tersisa lagi dan rata dengan tanah.

Setelah kejadian pembakaran tersebut, di lokasi klinik yang dibakar, pada tahun 1950 pemerintah mendirikan sekolah yang dibutuhkan masyarakat sekitar Maos kala itu yaitu Sekolah Kerajinan Negeri Maos atau SKN Maos. Sekolah ini mempunyai siswa yang seluruhnya laki-laki dengan jumlah siswa 20 orang per kelas. Jurusan yang diselenggarakan ada 2 yaitu jurusan Bangunan Gedung (Sipil) dan Bangunan Air. Masa belajar siswa SKN Maos adalah 2 tahun dengan kurikulum 65% praktek dan 35% teori. Setelah mereka lulus, dari sekolah tersebut diberi alat-alat pertukangan sesuai jurusannya secara gratis untuk dapat digunakan mengamalkan ilmunya di masyarakat.

SKN Maos yang mulai dibuka tahun 1950 dan berhasil meluluskan banyak siswa yang telah mahir dibidangnya, berjalan sampai tahun 1969. Walaupun SKN berjalan sampai tahun 1969 yaitu pada masa kepemimpinan Kepala SKN Maos Bapak Sunardi, akan tetapi kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung karena SKN berakhir hanya berganti nama menjadi Sekolah Teknik Negeri 2 Maos atau STN 2 Maos (STN 1 Maos yang sekarang SMPN 2 Maos). STN 2 Maos masih menerima siswa hanya yang berjenis kelamin laki-laki dengan jurusan yang sama yaitu jurusan Bangunan Gedung (Sipil) dan Bangunan Air dan kurikulum yang sama pula yaitu 65% praktek 35% teori. Akan tetapi berbeda pada masa belajarnya yaitu 3 tahun.

Dibawah kepemimpinan Bapak Sunardi ini STN 2 Maos ini terselenggara dengan baik dari mulai berdiri sampai pada tahun pelajaran 1977. Karena perubahan keputusan pemerintah maka sekali lagi STN 2 Maos ini berubah menjadi SMP Negeri 3 Maos dan mulai menerima siswa-siswanya dengan tidak membedakan jenis kelamin menjadi siswa SMP Negeri 3 Maos.

Ketika cikal bakal SMP Negeri 3 Maos ini sudah memiliki siswa jenjang kelas 1, 2, 3, dan siswa kelas 3 akan menempuh ujian maka masih pada masa kepemimpinan Bapak Sunardi turun Surat Keputusan No. 008 / I.03 / H.79 tanggal 31 Maret 1979 tentang Keputusan Pelimpahan dari STN 2 Maos ke SMP Negeri 3 Maos.

B. Periode Peralihan dari STN Maos Menjadi SMP Negeri 3 Maos

SK Pelimpahan dari STN 2 Maos menjadi SMP Negeri 3 Maos diterima dari Kanwil Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah dan juga penerimaan Surat Keputusan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 030 / U / 1979 tanggal 17 Februari 1979 berlaku mulai tanggal 1 April 1979. Sehingga sekolah ini dalam pengelolaan managemen SMP Negeri 3 Maos sejak 1 April 1979.

Awal peralihan nama dan fungsi sekolah dari STN Maos menjadi SMP Negeri 3 Maos mengharuskan penataan ruang dan guru untuk disesuaikan kurikulum yang berlaku. Semua guru STN menjadi guru SMP dan ruangan bengkel atau praktek teknik disekat dengan papan untuk dibuat ruang kelas. Pada saat itu semua belajar dari awal baik siswa maupun guru. Seiring dengan berjalannya waktu SMP Negeri 3 Maos mulai menampakkan eksistensinya dengan prestasi-prestasi bidang akademik maupun non akademik baik di tingkat kabupaten sampai tingkat propinsi.

Adapun pergantian kepemimpinan di SMP Negeri 3 Maos dari tahun 1977 sampai dengan tahun 2012 membawa perubahan yang signifikan bagi perkembangan SMP Negeri 3 Maos pada tahun-tahun selanjutnya.

Daftar Kepala Sekolah yang pernah memimpin SMP Negeri 3 Maos adalah sebagai berikut :

Ditulis oleh : Sri Rejeki, S.Pd.,MM.Pd.

Agenda

Pengumuman

Pelatihan Pembelajaran Daring Melalui LMS

PAS-1 Tahun Pelajaran 2020/2021

Data Sekolah

SMP Negeri 3 Maos

NPSN : 20300550

Jl. Stasiun No. 566 Maos
Kecamatan Maos
Kabupaten Cilacap
Propinsi Jawa Tengah
Kode Pos 53273